Senin-Jumat: 08.00 - 16.00 WIB 082277556233 gemlit01@gmail.com

Pelantikan dan Orientasi Badan Pengurus Daerah Komunitas Guru Belajar Nusantara Kota Medan Masa Bakti 2021-2023

WhatsApp Image 2021-04-19 at 12.21.06

   Komunitas Guru Belajar adalah komunitas pendidik untuk berdiskusi dan berbagi praktik cerdas pengajaran dan pendidikan yang diinisiasi oleh Kampus Guru Cikal. Komunitas Guru Belajar (KGB) percaya bahwa belajar bisa dari siapa saja. Sumber inspirasi bukan figur yang serba tahu dan sempurna, tapi rekan seperjalanan yang realistis dengan pengalaman nyata, dan praktis, seringkali gagal sebelum berhasil.

   Dalam hal ini, setelah mengikuti, menyelesaikan Pelatihan Beasiswa Guru Belajar, dan melakukan kegiatan Temu Pendidik Nonton Bareng yang diinisiasi oleh Kampus Guru Cikal,  beberapa guru yang berada di kota Medanpun merasa tertantang untuk membuat Komunitas Guru Belajar Nusantara Kota Medan yang sepenuhnya juga mendapat dukungan dan motivasi dari Ibu Lisza Megasari, S.Pd. selaku penggerak Komunitas Guru Belajar Nusantara Binjai yang sudah lama berdiri dan sampai saat ini masih aktif.

   Menyadari bahwa setiap  usaha dan kerja keras takan menghianati hasil, maka melalui diskusi yang panjang dan komitmen yang tinggi, maka tepat hari Sabtu, 3 April 2021 dilaksanakanlah KOPDAR untuk kepengurusan yang akan diajukan ke pusat. Dan benar saja, hal tersebutpun mendapatkan sambutan yang hangat dari pusat dan  menyetujui permohonan untuk membentuk Komunitas Guru Belajar Nusantara Kota Medan.

   Setelah hari yang panjang terlewati, maka hari yang ditunggu-tunggupun tiba yaitu undangan untuk menghadiri Pelantikan dan Orientasi Badan Pengurus Daerah Komunitas Guru Belajar Nusantara Kota Medan dan Klaten masa Bakti 2021-2023 tepatnya hari Minggu, 18 April 2021 melalui virtual Zoom.

   Dengan semangat yang berapi-api, pengurus yang akan melaksanakan pelantikanpun hadir bersama dengan Badan Pengurus Komunitas Guru Belajar Nusantara yang diketuai oleh Bapak Usman Djabbar dengan Sekretaris Ibu Devy Mariyatul. Acara Pelantikan dan Orientasi inipun dipandu oleh Ibu  Karin. Yang dimulai dengan Menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Doa, pembacaan Surat Keputusan yang dimulai dengan SK KGBN Klaten dan diikuti SK KGBN Kota Medan, pengucapan janji pengurus, Pidato guru belajar yang dimulai oleh ketua KGBN Kota Medan dan diikuti oleh ketua KGBN Klaten, Sambutan Ketua, dan masuk pada tahap Orientasi kepada seluruh Pengurus.

   Acara Pelantikan dan Orientasi Badan Pengurus Komunitas Guru Belajar Nusantara ini mendapatkan apresiasi dan dukungan positif dari berbagai pihak.

Berikut pidato ibu Mahniar Sinaga selaku ketua KGBN Medan.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Selamat siang, salam sejahtera bagi kita semua

Om swastyastu, namo budayya, salam kebajikan.

   Yang saya hormati, seluruh pengurus komunitas guru belajar nusantara baik sebagai panitia pada siang hari ini maupun pengurus KGBN daerah yang akan dilantik pada hari ini.  Dan tak luput kata sayang dan cinta saya kepada penggerak KGBN Medan yang telah berkontribusi dalam proses terbentuknya KGBN Kota Medan. 

   Pada hari ini, saya diberi amanah sebagai ketua KGBN Medan pada periode 2021-2023, tak  lain adalah karena dukungan teman-teman pengerak KGBN Medan yang luar biasa  untuk menyebarluaskan konsep merdeka belajar yang selama ini belum banyak dipahami oleh guru, termasuk kita ketika belum mengenal KGBN.  

   Awal terbentuk KGBN Medan ini sebab kita memiliki keresahan yang sama terhadap proses pembelajaran yang dijalani.  Miskonsepsi bahkan malpraktik yang pernah terjadi di kelas tempat kita mengajar atau memimpin, menjadikan refleksi untuk diir kita sehingga kita mencari solusi dan komunitas yang bisa mendukung/membelajarkan langkah-langkah dalam menangani keresahan yang dialami saat itu. Seperti, yang saya alami secara pribadi, mendengar keluhan siswa yang stress  dengan proses pembelajaran yang diberikan oleh gurunya yaitu, pembelajaran yang berpusat pada guru bukan pada siswa.

   Tujuan belajar yang harusnya mengukuran  kemampuan siswa dalam berproses, malah mengukur keinginan guru  bagaimana siswa bisa mencapai nilai diatas KKM. Bukan pada proses olah pikir siswa secara holistik sehingga siswa bisa memperoleh nilai.  Alhasil, siswa berhasil mendapat nilai tingggi karena adanya keterlibatan unsur-unsur lain yang bukan dari olah pikir mereka, bahkan minim proses yang melibatkan keterampilan life skill mereka. Selain itu, guru tidak mau keluar dari zona amannya, sehari-hari mengadopsi model pembelajaran dari tahun ketahun itu-itu saja tidak mengalami perbaikan atau perubahan, menganggap bahwa siswa saat ini sama dengan siswa saat itu, padahal zaman sudah mengalami perubahan, sudah masuk kepada revolusi indsutri, dimana guru sangat berperan aktif dalam memfasilitasi siswa untuk aktif menjadi siswa yang produktif, bukan konseptual.

   Bagaimana kita memberdayakan kemajuan teknologi untuk  transfromasi pendidikan, bagaimana teknologi dijadikan sebagai wadah berbagi dan belajar. Kebayakan dari kita menganggap bahwa melakukan perubahan adalah pekerjaan yang menyulitkan diri dan lingkungan, bahkan menguras biaya di luar tanggungan. Setelah bergabung di KGBN ha-hal dikhawatirkan selama ini tak terjadi bahkan sama sekali bisa menguntungkan banyak pihak. Banyak hal/masalah yang ditemukan di sekolah, di KGBN masalah-masalah tersebut bisa terpecahkan lewat adanya peran guru berbagi praktik baik di kelas kemerdekaan, bahkan hal-hal di luar nalar kita dalam menyelsaikan kritikan-kritikan dari orang lain mengenai system pembelajaran guru, di KGBN  masalah tersebut bisa mengerucut bahkan menjadi peluang dalam melakukan perubahan.

   Sebenarnya masih banyak hal lagi yang ingin kami ungkapkan, namun waktu yang terbatas.  Saya atas nama ketua KGBN Medan dan mewakili teman-teman penggerak KGBN Medan menyampaikan ucapana terima kasih yang sebesar-besarnya atas kepercayaan KGBN pusat mengamanahkan kami sebagai penggerak dalam menyebarluaskan konsep merdeka belajar. Harapan kami, semoga dipengurusan kami, 2021-2023 KGBN Medan bisa mengajak guru-guru didaerah-daerah menjadi kontributor dalam menggerakkan konssep merdeka belajar  lewat KGBN yang akan terbentuk. 

  Diakhir pidato saya sebagai ketua KGBN Medan, kami bergabung di KGBN adalah panggilan hati/jiwa ingin berkontribusi menurunkan konsep merdeka belajar dalam cakupan lebih luas lagi, pemerataan akan pemhamana tentang merdeka belajar di daerah tercapai sehingga terwujudlah transformasi pendidikan menuju Indonesia jaya. Terkhusus, KGBN Binjai, yang banyak berkontribusi, mendukung Medan menjadi komunitas yang ber-SK.

Assalamualaukum, wr, wr. Horas Medan.

#KomunitasGuruMerdekaBelajar #Horas #GuruPenggerak #SemuaGuru #SemuaMurid #kampusGuruCikal #Merdeka

 

Artikel terkait

Admin

Nando Rumahorbo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *