Senin-Jumat: 08.00 - 16.00 WIB 082277556233 gemlit01@gmail.com

Deretan Jurusan Kuliah yang Membutuhkan Biaya Paling Besar

1609835710837-997f25d6

Biaya kuliah di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun.Bagi sebagian orang yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, tentunya keadaan ini menjadi masalah yang serius. Bahkan dapat dikatakan bahwa biaya beberapa jurusan kuliah di universitas tergolong tinggi dan relatif mahal dibandingkan dengan jurusan lain.

Anda perlu mengetahui bahwa penentuan biaya pendidikan tinggi dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah biaya operasional seluruh rangkaian kegiatan dan kegiatan kemahasiswaan lainnya selama perkuliahan. Apalagi jurusan kuliah dengan persyaratan operasional yang banyak biasanya berdampak pada tingginya biaya pendidikan. Selain itu, adanya berbagai fasilitas kampus dan kuatnya minat mahasiswa yang ingin mendaftar juga memicu tingginya biaya pendidikan.

Untuk lebih detailnya berikut ini beberapa jurusan kuliah yang membutuhkan biaya paling besar di Indonesia;

Kedokteran

Berbicara tentang biaya kuliah di Fakultas Kedokteran, Jurusan kuliah ini dikenal sebagai jurusan termahal di Indonesia. Mahalnya biaya kuliah kedokteran bukan hanya karena banyak orang yang berminat mempelajari mata kuliah tersebut, tetapi juga karena biaya operasional pendidikan kedokteran yang tinggi.

Selain itu, mahasiswa juga akan membayar biaya tambahan untuk kegiatan lain yang menunjang kegiatan pembelajaran, seperti kegiatan praktikum intensif, buku, dan bahan referensi tambahan. Jika dihitung, total biaya penyelesaian penelitian kedokteran berkisar antara Rp200 juta hingga lebih dari Rp500 juta, tergantung dari masing-masing kampus.

.

Penerbangan (Aviasi)

Jurusan berikutnya yang membutuhkan banyak dana adalah aviasi (penerbangan). Jika Anda bercita-cita menjadi pilot, jangan lupa untuk menabung. Biaya sekolah untuk kampus penerbangan seperti ini berkisar antara Rp500-800 juta.

Tingginya biaya tersebut sesuai dengan fasilitas yang diperoleh. Selama proses pendidikan, siswa (trainee) akan mendapatkan kesempatan magang dalam bentuk simulasi terbang dan memperoleh sertifikat yang jumlahnya cukup banyak.

DKV (Desain Komunikasi Visual)

Dari segi total biaya kuliah, DKV tidak terlalu mahal. Namun, Anda akan terkejut dengan harga alat yang dibutuhkan dalam latihan atau tugas nanti. Inilah mengapa desain komunikasi visual dipilih sebagai salah satu jurusan kuliah yang paling membutuhkan biaya yang besar.

Saat mempelajari animasi, desain web, desain interaktif, ilustrasi, dll., Anda membutuhkan laptop dengan spesifikasi yang mendukung seperti MacBook yang harganya pasti mahal. Ada juga buku sketsa, pensil cangkok, tablet, printer dan peralatan murah lainnya. Bila Anda ingin kuliah di jurusan ini jangan lupa siapkan modal dan tabungan yang cukup.

Fashion Design

Dunia fashion berkembang dari masa ke masa dan Indonesia terus bersaing dalam perkembangan fashion dunia. Hal ini terlihat dari banyaknya desainer Indonesia yang sudah terkenal di kancah internasional, misalnya Tex Saverio, Ivan Gunawan, dan Adjie Notonegoro.

Kini, mengingat industri fashion merupakan salah satu bidang yang paling diminati, tidak heran jika banyak orang yang ingin melanjutkan pendidikannya di bidang fashion design. Namun, untuk kuliah di jurusan ini, Anda perlu menyiapkan dana yang tidak sedikit. Secara umum, total biaya yang diperlukan adalah Rp10-50 miliar. Biaya kuliah yang tinggi dari Jurusan Desain Fashion dikarenakan tingginya gaji para staf pengajar di lapangan dan kemudian selama di universitas Anda juga akan dikenakan biaya tambahan untuk pembelian bahan-bahan praktis atau mengikuti fashion show.

Arsitektur

Jika Anda bercita-cita menjadi seorang arsitek, Anda harus menerima kenyataan bahwa arsitektur adalah salah satu jurusan universitas yang memakan biaya besar. Hal ini tidak hanya dilihat dari biaya kuliah yang mencapai puluhan hingga puluhan juta rupiah per semesternya, tapi juga biaya lainnya. Mulai dari komputer atau laptop yang harus memenuhi spesifikasi pendukung untuk menjalankan software gambar dan desain yang mahal, tentu dengan spesifikasi tersebut harganya mahal. Biaya lainnya adalah biaya pencetakan gambar, Anda tidak dapat melakukannya hanya sekali, karena Anda harus mempersiapkan sendiri beberapa revisi istilah yang akan sering Anda lewati. Oleh karena itu, dalam hal ini, arsitektur cocok disebut sebagai salah satu jurusan yang memakan biaya paling besar di Indonesia.

https://kampusyuk.com/artikel/deretan-jurusan-kuliah-yang-membutuhkan-biaya-paling-besar-82

Artikel terkait

Admin

Nando Rumahorbo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *